Ayo Datang ke Jogja!

5 Des

Meskipun status Gunung Merapi masih Awas dan bahaya banjir lahar dingin masih mengancam Kali Code, Kota Yogyakarta tetap aman dan nyaman dikunjungi. Karena itu, wisatawan tidak perlu takut berkunjung. Guna menunjukkan Yogyakarta tetap nyaman dan aman, Pemerintah Kota Yogyakarta bersama berbagai komunitas warga akan menggelar Kenduri Jogja ”Ayo Datang ke Jogja”.

Kenduri massal itu akan diadakan hari Minggu (5/12/2010) sekitar pukul 06.00 di Titik Nol Kilometer atau perempatan Kantor Pos Besar Yogyakarta dan sepanjang Jalan Ahmad Yani dan Malioboro, Yogyakarta. Tumpeng raksasa setinggi 1 meter akan dibuat untuk kenduri ini. Tumpeng akan diarak dari Keraton Yogyakarta dan dikawal pasukan keraton menuju Titik Nol Kilometer.

”Kenduri ini untuk recovery pariwisata Yogya. Karena itu, temanya ‘Ayo ke Jogja’,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Yogyakarta Yulia Rustiyaningsih dalam acara Bincang Santai Peduli Pariwisata Kota Jogja yang digelar Badan Promosi Pariwisata Kota Yogyakarta, Rabu (1/12/2010) malam di Lesehan Malioboro.

Yulia menuturkan, acara Kenduri Jogja itu ingin membuka mata semua pihak bahwa Yogyakarta tetap aman dan nyaman untuk dikunjungi. Komunitas-komunitas warga diharapkan berpartisipasi membawa tumpeng (nasi putih), lengkap dengan gudangan atau urap dan telur rebus sendiri-sendiri. Tumpeng-tumpeng itu selanjutnya dinikmati bersama-sama oleh masing-masing komunitas masyarakat. ”Kenduri ini akan dipimpin Sultan Hamengku Buwono X,” kata Yulia.

Kepala Bagian Humas Pemkot Yogyakarta Herman Edy S mengatakan, acara Kenduri Jogja terbuka bagi semua komunitas masyarakat yang ingin bergabung, seperti RT/RW dan sekolah. ”Akan ada doa bersama dan deklarasi Yogya aman dan nyaman dikunjungi,” katanya.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan, kondisi Yogyakarta tidak seperti diberitakan sejumlah media massa. Dalam sejumlah pemberitaan, Yogyakarta terkesan mencekam karena letusan Merapi dan banjir lahar dingin di Kali Code. Padahal, aktivitas pariwisata dan ekonomi kini sudah berjalan lancar. Pasar Beringharjo, lesehan, dan pedagang kaki lima Malioboro tetap buka. Demikian juga hotel, banyak yang buka.

Yogyakarta, tuturnya, aman dan nyaman dikunjungi wisatawan. ”Tidak ada alasan untuk tidak datang ke Yogya. Kami kini punya slogan ’Ayo ke Jogja’,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: