Pengen Duit? Ayo Bikin Konten Buat Nokia

6 Des

Kehadiran OVI Store tak hanya menyediakan layanan download berbagai aplikasi untuk dijalankan di ponsel Nokia. OVI Store juga menyediakan peluang bisnis kepada publik untuk mengembangkan konten-konten baru.

“Selain benefit experience bagi pengguna ponsel Nokia, OVI Store juga memberi kesempatan kepada content provider atau developer untuk membuat konten untuk ponsel Nokia,” ujar Haryati Lawidjaja, Software and Services Manager Nokia Indonesia saat peluncuran Nokia N97 di Jakarta, Senin (8/6).

Ia mengatakan OVI Store menyediakan channel untuk diakses sekitar 200 juta pengguna ponsel Nokia di seluruh dunia. Potensi pasar tersebut adalah para pengguna ponsel Nokia yang sudah menggunakan sistem operasi Symbian S40 dan S60.

“Revenue sharing untuk developer atau content provider mencapai 70 persen,” jelasnya. Sistem pembayarannya akan dilakukan melalui mobile billing menggunakan kartu kredit. Bahkan, kata Haryati, apabila konten yang dibuat dapat dipasarkan secara global ada kemungkinan untuk melakukan co-promotion.

Tentu saja revenue sharing hanya dapat diperoleh dari konten-konten berbayar. Selain konten berbayar, Nokia juga memberi kesempatan kepada publik untuk menawarkan konten gratis.

Calon pengembang atau content provider dapat mendaftar dan mengunduh standard kit development melalui situs OVI Store. Selanjutnya, konten hasil buatannya dapat langsung diunduh secara online.

“Kita sudah siapkan tim untuk menyaring konten-konten tersebut apakah nantinya hanya akan tersedia di Indonesia atau ke global,” jelas Haryati.  Ia mengatakan, saat ini sudah ada 40 konten untuk Indonesia dan semuanya gratis. Kebanyakan masih buatan luar seperti Facebook, Twitter, Friendster, Reuters, Bloomberg, AP. Aplikasi lokal pertama yang sudah tersedia antara lain Kompas.com.

Ia mengatakan saat ini pihaknya sedang mengajak kerja sama sejumlah pengembang konten untuk menambah aplikasi yang ditawarkan baik gratis maupun berbayar. Penyedia konten yang tertarik dengan model bisnis ini dapat mengunjungi publish.ovi.com. ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: