Asvi: Tak Masalah Kostum Timnas Pakai Lambang Garuda, Itu Kebanggaan

14 Des

Pemakaian lambang negara Garuda Pancasila di dada kostum Tim Nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia bukanlah sesuatu yang harus dipermasalahkan. Dengan menggunakan Garuda Pancasila, rasa bangga di dalam pemain justru akan semakin bertambah.

“Tidak masalah kalau menurut saya, itu merupakan suatu kebanggaan, apalagi kalau sampai menang,” jelas sejarawan dari LIPI, Asvi Warman Adam, kepada detikcom, Selasa (14/12/2010). Asvi menilai, penggunaan lambang itu tidak bertentangan dengan UU No 24/2009 Tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan.

Asvi mengatakan, lambang negara bisa ditempatkan untuk perwakilan Indonesia yang sedang berada di luar negeri. Penggunaan lambang ini juga boleh dipakai oleh orang yang sedang mewakili Indonesia.

Asvi menegaskan, persoalan penyematan logo Burung Garuda ini berbeda dengan kasus kaos Armani beberapa waktu lalu. Saat itu, Armani membuat desain kaos terbarunya yang memuat logo burung mirip lambang negara Burung Garuda.

Meski bertanding di Indonesia, Asvi merasa tidak ada yang salah dengan pemakaian logo itu. “Kita kan bertanding dengan asing, bisa saja menurut saya, locus dalam negeri, tapi berhadapan dengan asing,” jelasnya.

Sebelumnya, pengacara publik David Tobing mempersoalkan penggunaan lambang Burung Garuda di kostum Timnas karena bertentangan dengan UU No 24/2009 Tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan Lagu Kebangsaan. Dia akan mengajukan gugatan citizen law suit ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat terhadap PSSI.

Satu Tanggapan to “Asvi: Tak Masalah Kostum Timnas Pakai Lambang Garuda, Itu Kebanggaan”

  1. deki 15 Desember 2010 pada 8:50 AM #

    saya heran liat negara kita ne,lagi semangat2nya tim nas kita mencari prestasi..udah ada ulah lagi…..biarkan lambang garuda menjadi cap di baju tim nas,,,,itu membuktikan bahwa sepak bola adalah bagian hidup dari negara kita.jangan terus politik dan ekonomi yang di perhatikan…ini prestasi anak bangsa.suatu kebanggaan kita bersama.sepak bola adalah sebuah pertempuran berdarah dingin yang bisa membangkitkan semangat rakyat indonesia.liat aja baru 3 pertandingan saja rakyat indonesia menjadi heboh,ini membuktikan bahwa sepakbola membangkitkan rakyat indonesia.dan garuda bisa diartikan sebuah burung mencoba untuk bangkit terbang ke atas langit yang luas.atau sepak bola indonesia bisa bangkit ke eropa da amerika,bukan cuma di asia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: