PSSI: Sejak Dulu Kita Pakai Lambang Garuda, Tak Masalah

14 Des

Keluhan pengacara publik David Tobing soal pemakaian lambang negara Garuda Pancasila yang menyalahi UU ditangkis Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Direktur Hukum dan Peraturan PSSI Max Boboy menilai penggunaan lambang ini telah lama digunakan sejak Olimpiade 1956 di Melbourne, Australia.

“Dari dulu kita pakai lambang burung Garuda. Tidak ada masalah. Karena mereka mewakili negara, bukan PSSI,” kata Max Boboy saat dikonfirmasi dengan detikcom, Selasa (14/12/2010).

Meski dalam penggunaan lambang negara ini tidak lazim dalam persepakbolaan internasional, PSSI bergeming. Menurutnya, itu sudah menjadi ciri khas Timnas sejak dahulu kala. “Terserah saja mereka (Timnas negara lain). Sejak di Melbourne 1956, kita sudah pakai logo itu,” tegas Max.

Terkait dugaan pelanggaran terhadap UU No 24/2009 Tentang Bendera, Bahasa, Lambang Negara dan lagu Kebangsaan yang dialamatkan oleh David Tobing, Max menilai itu salah alamat. Karena olahragawan yang bermain di kancah internasional adalah duta bangsa yang berhak memnggunakan lambang tersebut. “Mereka kan wakil negara yang sedang bermain di dalam negeri. Masa tidak boleh,” tutup Max.

Pendapat Max dibela oleh anggota DPR Roy Suryo yang terlibat revisi UU tersebut. “Memang benar kalau negara lain menggunakan logo federasinya. Tapi saya kira kita tidak ada masalah. Apalagi timnas saat ini lagi bagus-bagusnya. Saya kira tidak ada masalah dengan logo Garuda ini,” tutur Roy Suryo

Pemakaian lambang negara ini sempat ramai di situs jejaring sosial. Beberapa membandingkan dengan kaos yang dipakai oleh Timnas negara lain yang menggunakan logo federasi olahraganya.

Kaos Timnas disponsori oleh Nike. Kaos berwarna merah itu memakai logo Garuda Pancasila di dada kiri dan gambar besar Garuda Pancasila yang menerawang besar di semua bagian depan kaos. Di dada kanan terdapat logo Nike. Prabrikan itu menyebut kaos itu ramah lingkungan, tiap kaos berbahan poliester yang mendaur-ulang 8 botol plastik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: