5 Tips Agar Berat Badan yang Hilang tak Kembali

17 Des

Menghilangkan bobot tubuh bukanlah hal  yang mudah, namun menjaganya tidak kembali lagi adalah hal yang lebih sulit. Sebanyak 95 persen orang yang berdiet, kembali ke ukuran semula sebelum diet dalam waktu 5 tahun. Namun, sisa 5 persennya berhasil mempertahankan ukuran tubuh seperti sesudah diet. Mau tahu rahasianya?

1. Menimbang berat tubuh seminggu sekali
Beberapa studi menunjukkan bahwa menimbang berat tubuh secara rutin, dengan cara menaruh timbangan di kamar mandi bisa menjauhkan bobot tubuh yang sudah terhilang agar tidak kembali lagi. Karena, ketika Anda menyadari bahwa sudah terjadi peningkatan berat badan, Anda akan lebih mudah untuk menghilangkannya dengan melakukan sedikit diet dan olahraga tambahan. Tetapi Anda tak perlu menimbang diri setiap hari, cukup seminggu sekali.

2. Lima buah dan sayuran
Wanita yang mengkonsumsi banyak buah dan sayuran (setidaknya lima porsi  per hari) memiliki rasio 60 persen menjauhkan berat tubuhnya ketimbang mereka yang tak terlalu banyak mengkonsumsi buah dan sayuran. Penelitian ini ditemukan oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC). Buah dan sayuran yang segar kaya akan serat dan air, yang membantu tubuh merasa kenyang lebih lama dan lebih sehat.

“Karena butuh waktu 24 jam untuk makanan berserat tinggi untuk melewati saluran pencernaan, makanan segar bisa membantu mengkontrol nafsu makan dan jumlah kalori yang masuk dalam sehari,”  jelas Stephen Gullo, Ph.D., penulis The Thin Commandments.

3. Awasi kebiasaan di kantor
Hampir 55 persen yang mengalami kejatuhan diet menyalahkan kebiasaan di kantor sebagai pensabotase diet. Cara lain untuk mencegah agar Anda tidak gagal diet adalah dengan menyimpan makanan tinggi serat atau satu porsi kacang di laci kantor dan jika merasa ingin mengemil, ambil snack rendah kalori itu. Untuk mencegah makan terlalu banyak saat bertemu dengan rekan bisnis, coba makan makanan ringan dulu supaya perut cukup terisi.

4. Sisihkan waktu setengah jam dalam sehari
Padanan makan sehat dan latihan yang rutin dan cukup bisa menjaga agar tubuh tidak kembali “berisi”. Anda akan lebih mungkin untuk menjaga tubuh tetap ideal jika menyisihkan waktu 30-60 menit dalam sehari beberapa kali seminggu untuk berolahraga akan baik untuk mempertahankan berat tubuh. Lakukan olahraga secara rutin untuk membantu membakar kalori saat Anda beristirahat juga. Plus, jika Anda rajin berolahraga, Anda akan bisa makan makanan manis sesekali.

5. Hindari fast food
Mereka yang menjauhkan diri dari makanan cepat saji mengaku lebih mudah untuk mempertahankan bentuk tubuhnya ketimbang mereka yang mengkonsumsi makanan cepat saji setidaknya dua kali seminggu. Riset menunjukkan, 62 persen orang yang tak mengkonsumsi makanan cepat saji lebih bisa mempertahankan berat badannya.

Saat Anda akan makan di luar rumah, pilihlah menu makanan yang sehat, dan rendah lemak, pilih pula makanan dengan cara masak panggang, broiled, grilled, dry-sauteed, poached, atau steamed. Pilih menu pembuka yang terdiri dari buah-buahan atau sayuran. Hindari sup dari krim, pilih yang dari kaldu karena lebih rendah kalori dan lemak.

Menyiapkan makanan sendiri akan lebih memudahkan Anda untuk memastikan makanan yang Anda konsumsi rendah lemak dan kalori. Coba cari buku resep yang makanannya rendah kalori tetapi tetap bernutrisi.

⁠Penulis: NAD ⁠ ⁠
Editor: Nadia Felicia ⁠ ⁠
Sumber : shoppinglifestyle⁠

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: