Perkembangan Harga Emas 2011

27 Jan

Harga emas menguat untuk pertama kalinya setelah lima hari terakhir terkoreksi. Hingga pukul 15.03 harga emas untuk kontrak pengiriman Februari 2011 di Divisi COMEX bursa NYMEX-AS menguat 0,25 persen dari 1.332,3 dollar AS per troy ounce ke level 1.335,6 dollar AS.

Kenaikan harga emas seiring meningkatnya minat beli investor setelah harganya sempat terkoreksi ke level terendah dalam tiga bulan terakhir.

Investor memburu emas sebagai aset alternatif, terlebih karena spekulasi The Federal Reserves tidak akan mengubah program stimulusnya. Ketua The Fed Ben Bernanke dan koleganya hari ini akan mengakhiri pertemuan Federal Open Market Committee.

Pengamat The Fed, sekaligus kepala ekonom Credit Suisse, Neal Soss, mengatakan, bank akan mengakui adanya beberapa perbaikan ekonomi sejak pertemuan terakhir pada 14 Desember. “Sembari menegaskan stimulus diperlukan untuk mengurangi tingkat pengangguran ke 9,4 persen,” ujarnya.

Park Jong Beom, trader di Tong Yang Futures Trading Co di Seoul, juga mengatakan, The Fed kemungkinan mempertahankan kebijakan pelonggaran moneter karena butuh waktu untuk pemulihan ekonomi AS mengingat tingkat pengangguran yang tinggi dan jatuhnya harga rumah.

“Itu berarti dollar AS akan tetap bearish. Meskipun banyak investor mungkin tetap waspada selama pertemuan The Fed, kemungkinan emas akan mendapat dorongan lagi setelah pertemuan The Fed berakhir,” katanya. (Kontan/Dupla Kartini)

sumber : kompas.com dan KONTAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: