KRI Dewa Ruci Diganti Tahun Ini

30 Jan

Kapal perang RI yang selama ini digunakan sebagai kapal layar latih, KRI Dewa Ruci, akhirnya memasuki masa pensiun. Pengadaan kapal layar latih baru dilakukan 2011 ini.

Hal ini disampaikan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono seusai menjadi inspektur upacara dalam serah terima jabatan Komandan Jenderal Akademi TNI di Akademi Angkatan Laut, Surabaya, Jumat (28/1/2011).

Letnan Jenderal (Mar) Nono Sampono menyerahkan jabatan Danjen Akademi TNI kepada Marsekal Muda Sru Astjarjo Andreas. Nono kini menjabat Kepala Badan SAR Nasional, sedangkan Astjarjo sebelum ini adalah Gubernur Akademi Angkatan Udara.

Menurut Agus, pengadaan kapal layar latih pengganti KRI Dewa Ruci diproses tahun 2011. Soal dari mana kapal layar dibeli belum diketahui karena tergantung dari tender.

“Yang jelas, kapal layar itu harus lebih besar, bisa menampung 150 kadet, 150 awak, dan bisa berkeliling dunia dengan baik,” tutur Agus.

KRI Dewa Ruci dibangun HC Stulchen and Sohn Hamburg, Jerman, pada 1952-1953. Kapal ini memiliki bobot 847 ton, panjang 58,5 meter, dan lebar 9,5 meter.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: