Orang Indonesia Hanya Hampir Lulus SD

30 Jan

Kepala Lembaga Demografi Universitas Indonesia Sonny Harry B Harmadi mengatakan, masalah kependudukan di Indonesia sudah menjadi masalah yang serius. Di bidang pendidikan saja, rata-rata orang Indonesia hanya mencapai tingkat “hampir lulus sekolah dasar”.

“Rata-rata lama sekolah penduduk Indonesia itu 5,7 tahun. Artinya hampir lulus SD, belum sampai lulus,” katanya di dalam diskusi mingguan Polemik di Warung Daun Cikini, Sabtu (29/1/2011).

Oleh karena itu, penyerapan tenaga kerja bisa tergolong banyak, tetapi untuk tingkat rendah seperti buruh. Hal ini tak lain karena tingkat pendidikan sumber daya manusianya yang sangat rendah.

Maka, Sonny berharap, ke depan masalah kualitas hidup penduduk, yang terkait dengan kesehatan dan pendidikan, harus makin ditingkatkan oleh pemerintah. Namun, potret yang tak menggembirakan juga ada pada aspek kualitas hidup anak-anak atau generasi muda saat ini. Padahal, mereka menjadi kunci kemajuan Indonesia pada masa yang akan datang.

Menurut survei, lanjut Sonny, sekitar 3,7 bayi dan balita di Indonesia mengalami gizi buruk yang mengakibatkan anak kekurangan berat badan. Sementara itu, tercatat pula ada 7,8 juta bayi dan balita yang mengalami gizi kronis atau yang mengalami kekurangan tinggi badan.

“Jumlahnya sangat banyak. Kita belum tahu yang mengalami sekaligus gizi buruk dan gizi kronis,” tambahnya.

 

sumber : kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: