Pengalaman Menggunakan Jasa Kurir Wahana Jogja

24 Jun

Sekedar info , sharing mengenai pengalaman saya menggunakan jasa kurir wahana Jogja.

Alhamdulillah kendala yang saya alami selama menggunakan kurir wahana tidak terlalu repot sampai barang hilang.

Kendala sampai sekarang yang saya alami adalah lamanya estimasi waktu pengiriman dari Jogja hingga kota tujuan.Sehingga kalau sekali kirim paket saya telat , maka paket saya jadinya telat semua , hingga komplain dari pelanggan atau customer terus berdatangan. Dan akhirnya estimasi yang saya berikan ke pelanggan saya , saya beri tambahan 2 atau 3 hari dari target normal yang diberikan oleh pihak kantor Wahana.

Alhamdulillah kurir untuk penjemputan saya baik- baik , tidak ada yang nakal , murah senyum dan ramah.

Tapi masalah pelayanan di kantor saya kurang tahu , yang saya tahu banyak online shop yang protes dengan pelayanan customer servis wahana Jogja .Bahkan kurir Wahana katanya banyak yang resign karena masalah manajemen dengan kantornya.

Sebenarnya sih kalo menurut yang saya tahu , kurir wahana Jogja tu terlambat karena banyak perusahaan-perusahaan besar yang memakai jasa wahana, seperti misalnya perusahaan rokok (Bent**l) , susu (Prod**en) , mall – mall Jogja dan lain sebagainya.

Jadi sebenarnya untuk orang kecil seperti online shop memang agak sulit, apalagi kalo mau daftar sebagai pelanggan tetap harus punya npwp, padahal 1 bulan transaksi yang saya lakukan bisa sampai 1 juta lebih hanya untuk ongkos kirimnya saja.

Dan solusi Online Shop untuk wilayah Jogja bagian utara saya saranin menggunakan jasa kurir IJX . Dan kelebihan dari IJX adalah kita bisa menjadi member , karena tidak harus menggunakan NPWP. Dan syaratnya cuma nyoba pake kurir itu selama 1 atau 2 bulan apakah prestasi selama 1 bulan itu bisa mencapai nilai 1 juta rupiah selama dalam 1 bulan.

Tapi saya belum pernah nyoba 1 bulan selama ini memakai ijx, karena beberapa pelanggan saya lebih nyaman dengan wahana.🙂 Saya memakai IJX kalau mau kirim ke luar Jawa aja , khususnya daerah Kalimantan dan Timur Indonesia . Karena estimasi waktu yang dijanjikan lebih cepat dari perjanjian yang diberikan oleh IJX.

Untuk Share mengenai kurir Jogja , demikian sepatah dua patah kata yang saya sampaikan , semoga berguna bagi Anda yang sedang merintis online shop. Salam sukses buat kalian .🙂

 

=======================================================================

 

Update :

Saat ini saya sudah tidak menggunakan Wahana lagi , dikarenakan repotnya mengurus hanya 1 barang yang tidak kunjung sampai .

Dan apabila ada cutomer yang memaksa pakai jasa Wahana saya kasih catatan jika ada masalah silahkan di follow up sendiri karena saya sudah kapok dengan keterlambatan yang ditimbulkan oleh Wahana sendiri .

Saya seperti ini karena terakhir saya menggunakan Wahana , Paket saya yang saya kirim ke Banjarbaru dengan estimasi 2 minggu baru diterima setelah 4 minggu dan barang diterima dengan keadaan rusak parah dan setelah di klaim ke wahana katanya akan ada ganti rugi , tapi tidak ada yang bergeming setelah saya follow up kembali ganti ruginya .

Alhasil saya harus mengganti rugi barang yang rusak dan saya kirim ganti nya via ekspedisi lain .

Jika ada sharing tentang kekurangan jasa Wahana silahkan langsung datang ke Kantor Pusat Kota tersebut dan temui langsung denagn orang yang betanggung jawab supaya masalah pengiriman lekas selesai , jika hanya di follow up by phone permintaan tidak akan langsung di respon .

Saat ini saya sudah menjadi langganan tetap IJX , untuk pengiriman ke Yogyakarta – Jakarta alhamdulillah bisa 1-2 hari kerja ( Jakarta Kota) , paket di pick up tanpa biaya , tagihan di bayar tiap awal bulan , pengiriman bahan cair pun masih bisa asal tidak bunyi krucuk2 atau kocak ketika paket di goyang-goyang .

Semoga ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk para Online Shop dalam meningkatkan pelayanannya ke Customer .

Dan semoga ini bisa menjadi koreksi untuk pihak Wahana sendiri bahwa banyak masalah yang timbul dari ekspedisi mereka.

Terima Kasih🙂

23 Tanggapan to “Pengalaman Menggunakan Jasa Kurir Wahana Jogja”

  1. mario 26 Juni 2011 pada 8:35 AM #

    maklumlah persaingan Bisnis,jdi sering sare d’inet.

  2. gageng 27 Juli 2011 pada 11:29 PM #

    wah hampir mirip dong dg pengalaman saya pakai wahana…sebenarnya saya sdh bisa menerima wahana sbg cargo tetap untuk bisnis online saya..karena setiap hari saya pasti ada pengiriman….karena ada minimal klo pickup 20rb..walaupun gak sampai 20rb sy byr tetap 20rb.. pernah saya sdh order pickup jam 9 pagi..ke cabang sby…sdh dijawab ok..tunggu punya tunggu sampai jam 4 blm diambil, telpon ulang ktnya gak ada orderan..nah lho..!! paket jd tertunda dan yg lebih penting lg janji malam itu kasih no resi ama buyer jd gak bisa….
    Trus kejadian ini blm lama ..ada 5 paket yg saya kirim via pickup..bayar cash..sdh terima resi…malam sy cek no resi blm ter update..bsk paginya blm jg..sy tanyakan dioper sana sini tdk ada penjelasan yg pasti…setlah 2 hr kita dioper oper..tanya mulai dr atasan ssmp bawah msh gak jelas…akhirnya ada info brg mmg blm di upadte ..mash di pending krn saya blm ada pembayaran….waaah…!! sdh 2 hr br info beginian…trus anehnya lg org kantor kok gak ricek resi sdh tertulis cash…setelah pake acra telpon marah2 ..akhirnya br di berangkatkan ..hr itu..n tanpa ada penjelasan ..penyebab apa bisa terjadi spt itu..
    sementara ini ganti dulu ekspedisi..daripada kepercayaan buyer hilang..
    just sharing aja..
    gageng.

    • tata 5 Desember 2015 pada 12:31 PM #

      Cabang sby daerah mana kak? Aku order ke olshop pake wahana uda 1minggu blm dtg nih. Tolong infonya yaa thx

  3. Tirta Express 9 November 2011 pada 11:24 AM #

    Dear All Members,

    Kami Perusahaan yang bergerak di bidang pengiriman dokumen dan barang ke luar dan dalam negeri dengan system door to door service via udara. Harga Promo kami : Singapore : Rp. 50.000 / kg Malaysia ( kuala lumpur ): Rp. 90.000 / kg Hongkong : Rp.90.000 / kg China : Rp. 95.000 / kg. Bisa di Track and Trace Untuk Pengiriman ke negara lainnya bisa hubungi kami di 021 – 8319232 dan 021-8302917
    B`regards
    Eko Suprapmono
    81316313998 or ekolily95@yahoo.com
    Pin :22C4FEFD
    Effective : Oktober 2011

  4. Sugiarto 18 Maret 2012 pada 8:47 PM #

    Telah dibuka perwakilan wahana di Jl. Kaliurang KM 7 Colombo (50m utara pasar Colombo) 0274-8576688

    • JAONI 7 Mei 2014 pada 11:59 AM #

      WAHANA KAMPRET !!! Malang Ke Indramayu kok bsa nyasar ke pontianak!!! Kirim tanggal 14 April 2014 sampe sekarang ga juga nyampe tuh barang!!!! MANA PROFESIONALNYA??? di telp ogah ngangkat, di datengin kantornya bilangnya lagi diurus tanpa bisa ngasih kepastian. JAONI INDRAMAYU 085722774398. Terlanjur kecewa berat dengan wahana!!!! Ditanyain ganti rugi DIAM semua..

  5. Nika 10 Mei 2012 pada 6:59 PM #

    Dulu sy pelanggan wahana, skr pelanggan ijx. Dulu syarat wahana min sebulan pengiriman 50rb kl kurang dr itu tetap akan kena 50rb. Tp mgkn kurir digaji rendah jd jarang bs pick up. Tdk sreg dgn wahana sy coba ijx dan kmdn langganan. Dgn ijx sejauh ini memuaskan, blm pernah ada barang hilang. Pernah ada paket yg tdk sampai pun tetap kembali ke sy. Mmg untk lokal jawa ijx tdk semurah wahana tp untk luar jawa ijx relatif lbh murah. Ijx jg tdk lbh longgar, paket2 sy dgn kelebihan berat kurang dr 1/4kg dibulatkan kebawah. Di wahana 0,1kg akan dibulatkan ke atas.

    • rhesma777new 15 Desember 2012 pada 9:54 AM #

      hehehhee… iyaa …🙂
      saya juga dulu langganan wahana , tapi pernah kirim barang ke banjar baru kena 100kilo an ,, sampai alamat tujuan udah lama eehh barangnya hancur smuaa… mana yg kerajinan kayu pada rusaak lagi…
      dan wahana bilang mau ganti rugi ,, tapi sampai sekarang ga da realisasinya..
      hehehe… saya ga mau minta ganti rugi lagi ,, udah capek ,,,😥

  6. wahanaprestasilogistik 6 September 2012 pada 2:38 PM #

    Selamat Siang

    Info, Wahana Jogya telah dibuka beberapa kios wahana sebagai berikut :

    Jl. Kaliurang Km 7 No 30,Colombo Condongcatur
    Sleman
    Telp : 0274-8576688, PIN BB : 27FF742B
    Email : csretail@wahana.com

    Jl. Imogiri Barat KM 4,5 No. 55 Yogyakarta
    Telp : 0274-4413572 / 0274-7404588, PIN BB : 293BE38D
    Email : csretail@wahana.com

    Jl. Godean Km.5 No.43 Modinan Banyuraden Gamping
    Sleman Yogyakarta
    Telp : 0274-8555350, PIN BB : 27FF742B
    Email : csretail@wahana.com

    Jl. Raya Kledokan No. 59 Caturtunggal, Depok
    Sleman Yogyakarta
    Telp : 0274-7404588, PIN BB : 27FF742B
    Email : csretail@wahana.com

    Jl. Raya Kledokan No. 59 Caturtunggal, Depok
    Sleman Yogyakarta
    Telp : 0274-7404588, PIN BB : 27FF742B
    Email : csretail@wahana.com

    Jl. Glagahsari No. 2 Umbulharjo, Yogyakarta
    Telp : 0274-7404588,PIN BB : 27FF742B
    Email : csretail@wahana.com

    • velia amalia (@veliamalia) 14 Januari 2013 pada 9:38 PM #

      tadi siang dari kantor wahana jl. glagah sari jogja,,cs nya gag ramah sama sekali,,ngelayanin sambil minum,,trus berat paketan saya 0,8kg kog dihargai 2kg,,apa di wahana bukan berdasarkan berat?kebetulan paket saya agak besar hanya beratnya 08kg..tolong pelayanannya ditingkatkan,,walaupun murah..tapi kalo layanannya kayak gitu,,mending pindah agak mahal tapi ramah.

      • imut 17 Maret 2015 pada 10:15 PM #

        kemarin juga dari kantor wahana jl. glagah sari jogja. cs nya juga galak dan gka ramah. apalagi terlalu banyak kertas larangan ditempel dikantornya. klo mau minta plester kecil dikit aja . dimarahin dulu. dibilangin harus packing serapi mungkin dari rumah. hiksss..konsumen kok dibuat sebel

    • os 25 Januari 2013 pada 6:08 PM #

      @ wahana: sungguh sgt tdk kompeten sekali dirimu.. bnyk yg mengeluh ttg buruknya layanan kalian, eh kalian bukannya memperbaiki nama baik mlh sibuk promosi cabang Sinang.. ckckckck

      • Baju Trend 17 Juni 2014 pada 1:02 PM #

        saya juga sangat kecewa dengan pelayanan wahana pertma kirim ke kalimantan sampai 2 minggu lebih dan itupun mau ambil ke kantorny , kantorny udh nggk ada katanya pindah wlpun akhirny barang sampai tapi customer udh marah2 dan dikira kita nipu, yg kedua ini paket dikirm dari jkrta dari hari kamis taggal 12 dan sampai hari ini paket nggk sampai di jogja padahal kalau pakai TIKI 1 hari aj udh sampai,,dan tanya ke kantornya pada hari sabtu jawbanya ini paketny masih di jkrta,,apa nggk bikin shock..kalau nggk niat jdi ekpedisi mendingan tutup aj, buka cabang catumin no tlp tpi nggk ada satupun no tlp yg bisa dihubgi susahny minta ampun,,sgtt memprihatinkan.

    • JAONI 7 Mei 2014 pada 12:02 PM #

      WAHANA KAMPRET !!! Malang Ke Indramayu kok bsa nyasar ke pontianak!!! Kirim tanggal 14 April 2014 sampe sekarang ga juga nyampe tuh barang!!!! MANA PROFESIONALNYA??? di telp ogah ngangkat, di datengin kantornya bilangnya lagi diurus tanpa bisa ngasih kepastian. JAONI INDRAMAYU 085722774398. Terlanjur kecewa berat dengan wahana!!!! Ditanyain ganti rugi DIAM semua..

  7. well 3 Januari 2013 pada 8:54 PM #

    buruk sekali. tidak bertanggung jawab. ckckck. <//////////3 broken heart deh ama wahana….
    saya kirim barang tgl 21 desember, sampai sekarang tanggal 3 Januari juga belum sampai. Di tracking, proses cuma ada sampe tgl 23 des. dan tidak ada lanjutannya
    dan saat di telepon, yang angkat juga ga tau keberadaan barangnya. bener2 gak lagi deh pakai wahana! bad service!!

  8. Novian 22 November 2013 pada 9:15 PM #

    Hai Olshoppers….info yg bermanfaat…dan sekedar menambah informasi bagi yang ingin mengirim Paket Olshop ke Luar Negeri bisa menggunakan jasa kami Toll Global Express….untuk informasi lanjut bisa menghubungi saya, Novian di Hp/Whatsapp 087832451709…Maturnuwun

  9. Nawilna 31 Maret 2014 pada 2:17 PM #

    terima kasih infonya.
    mau nanya dong mba. terus kalo paketan kita yg dikirim dari wahana ga nyampe” ke kita gimana komplainnya?
    terima kasih

    • rhesma777new 28 Mei 2014 pada 12:58 PM #

      dulu saya punya dua org dalam wahana sist , jadi bisa minta tolong dibantu kalo ada apa2 , kalo skrg sy skrg kurang tau sist bagaimana sist , katanya sih sudah lebih bagus pelayanannya , coba lgsg datang aja sist ke lokasi sist kirim barang biar lgsg dibantu cek🙂 , terima kasih🙂

  10. express 8 September 2014 pada 8:49 AM #

    Kobraexpress Yogyakarta: JL.Pingitkidul No. 12 Tlpn. (0274) 8500607 – 6600867 – 587678
    Hp : 081390503020 – 087739477771 – 087839371177 – 085729890057
    Pin BBM : 27F893E
    http://Www.kobraexpress.net

  11. pengguna 17 Juni 2015 pada 4:39 PM #

    wahana kampret
    kalo kurir lain,barang ga nyampe itu bisa ditanyakan posisi barang dimana dan saya jemput sendiri ke kantor cabang mana
    nah ini nomer telfon ja ga aktif
    bbm ga di acept
    asem bener
    ga niat jadi kurir kali

  12. mama aldi/Dewi 10 September 2015 pada 9:15 PM #

    Paket saya ga tau kmna… ya allah itu bkan brg murahan smpai jut”… sya pkir dengan mencoba wahana akan mnjd berlangganan,.. skrg mlh bkin kapok,.. tlong dunk pihak kurir wahana tlong bantu n kerja sama nya. jgn ga beryanggung jwb gt. Mksi mhon info tuk paket saya.. makasi

  13. james gunawan 22 Februari 2016 pada 3:17 PM #

    numpang share, saya selaku penjual di tokopedia dan bulalapak sudah bbrapa kali menggunakan jasa wahana, awalnya sih bagus aman aman saja walaupun lama waktu sampai paket nya ke customer, tetapi baru baru ini barang saya hilang berjumlah 3 paket total nilai barang1 juta ++.. urusan klaim sangat lama, dan customer service wahana tidak respon telepon maupun email..sejak saat itu saya sudah kapok menggunakan WAHANA, lebih baik saya arahkan ke JNE, TIKI DAN POS, keterlaluan emang JASA SERVICE INI

Tinggalkan Balasan

